Berenang untuk Bayi Aman, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

Membawa si kecil pergi berenang memang sangat menyenangkan. Namun, apabila masih bayi, usia berapa kiranya yang tepat? Anda yang berminat melakukan kegiatan ini di akhir pekan, coba perhatikan hal-hal berikut agar berenang untuk bayi aman.

Perlu menjadi catatan sebelum mengajak bayi berenang, bahwa setiap anak memiliki tumbuh kembang yang berbeda. Selain itu, kondisi kesehatan si kecil pun perlu menjadi keutamaan yang diperhatikan apabila tertarik membawanya pergi bermain air di tempat umum.

Waktu yang Tepat Berenang untuk Bayi dan Persiapannya

Secara umum, sebenarnya tidak ada batasan mengenai usia untuk memulai mengajak si kecil melakukan renang. Namun, kembali pada porsi kesehatan dan kemampuan bayi untuk melakukan kontrol terhadap tubuhnya sendiri.

Oleh karenanya, para pakar sepakat bahwa bayi boleh melakukan berenang untuk kali pertamanya pada saat dia sudah bisa mengangkat dan mengontrol posisi kepala saat digendong posisi duduk. Tumbuh kembang anak berbeda-beda, umumnya, saat usia 4 bulan.

Adapun yang perlu dipersiapkan dalam berenang. Mulai dari memastikan kondisi kesehatannya (tidak sedang sakit atau memiliki kelainan bawaan). Melatihnya terlebih dahulu di dalam bak mandi atau bathtub. Menggunakan ban leher khusus bayi.

Pilihlah waktu renang sekitar pukul 8 hingga 9 pagi atau pada pukul 3 hingga 4 sore agar kondisi air kolam dan cuaca tidak terlalu dingin. Ajarkan secara bertahap dengan memilih kolam khusus anak yang tidak terlalu dalam. Jika perlu gunakan jasa pelatih renang bayi.

5 Manfaat Berenang untuk Bayi Pada Tumbuh Kembangnya

Renang yang dilakukan sejak dini bukan hanya untuk kesenangan semata saja antara orang tua dan anak. Namun, akan memberikan banyak manfaat kepada bayi, terutama pada tumbuh kembangnya. Berikut 5 manfaat yang didapatkan si kecil apabila diajak berenang sejak dini.

  • Kemampuan motorik lebih baik dibanding anak yang tidak melakukan renang.
  • Melatih anak berenang memang tidak mudah dan butuh mengulanginya. Namun, dengan latihan tersebut justru si kecil lebih mudah mengikuti instruksi secara baik.
  • Bayi yang diajak renang juga bisa memiliki kemampuan mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.
  • Jantung dan paru-paru bayi jauh lebih kuat apabila diajak renang.
  • Bayi yang rutin berenang akan memiliki pola tidur dan nafsu makan yang baik.

Banyak momen yang bisa dirasakan setiap Anda mengajak si kecil berenang. Apabila di awal dia masih takut, maka jangan dipaksakan, bisa mengulanginya lagi di lain waktu. Sebab, berenang untuk bayi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya.

Tinggalkan komentar